tempatnya orang gila

Kamis, 18 April 2013

MAGANG BUDIDAYA KAMBING ETAWA



1.      PENDAHULUAN
1.1     Latar belakang
Bidang kewirausahaan merupakan salah satu bidang yang tidak luput dari praktek secara langsung dilapangan, karena bidang ini adalah sebuah tantangan besar untuk harus terjun langsung ke dalamnya.Kegiatan magang merupakan aplikasi nyata dari ilmu wirausaha yang didapatkan di bangku perkuliahan yang diwujudkan dalam bidang bisnis yang nyata. Selama perkuliahan mahasiswa telah diberiakn materi tentang bagaimana menjual             dan mengembangkan suatu produk baik dalam bidang usaha penyediaan barang maupun pelayanan jasa salah satunya adalah usaha ternak kambing yang menyediakan kambing potong untuk kebutuhan daging masyarakat.
Adanya kegiatan magang ini merupakan awal buat mahasiaswa untuk terjuan langsung menimba ilmu kewirausahaan di usaha mitra, sehingga nantinya dapat menjadi bekal untuk membuka dan menjalankan usaha baru.

Dengan adanya kegiatan magang ini, disamping mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman. Mahasiswa juga akan mengalami perubahan sikap pada dirinya yakni kemauan untuk bekerja keras, kreatifitas dan inovasi. Selaini itu ketrampilan yang diadapat selama perkuliahan dapat digali pada saat kegiatan magang seprti bagaimana cara melayani dan sikap dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen serta perencanaan bisnis dalam berbagai bidang usaha.
Berdasarkan hal tersebut, diharapkan akn timbul jiwa kewirausahaan yang tangguh dan mampu bersaing dalam membangun bisnis sendiri dengan bekal pengetahuan teknis dan inovsi teknologi yang kami peroleh. Sehiingga dapat menjalankan usaha ternak dan jual beli kambing secara profesional, kreatif dan meberikan pelayanan yang maksimal.
1.2     Tujuan
Adapun tujuan dari kegiatan magang ini adalah menciptakan jiwa wirausaha mahasiswa yang nantinya setelah pasca kuliah akan bergerak dalam bidang wirausaha secara totalitas. Selain itu memberikan gambaran langsung kepada mahasiswa peserta bahwa profesi wirausaha lebih menjanjikan secara finansial, menambah pengetahuan praktis dan pengelolaan usaha ternak dan jual beli kambing kepada peserta magang dan juga mahasiswa akan mampu membuat perencanaan bisnis yang akan mereka jalankan. Selain itu juga menjadi wadah untuk transfer ilmu secara langsung kepada peserta dan mitra usaha mengenai kewirausahaan dan bidang usaha yang akan dijalani, serta menjadi media promosi usaha antara kedua belah pihak.

2.    GAMBARAN UMUM LOKASI MAGANG
2.1     Identitas Perusahaan
Sekitar tahun 1990-an usaha ini mulai berdiri. Awalnya hanya merupakan usaha keluarga yang digerakkan dengan modal kecil yang dikembangkan bersama para anggota keluarga, yang dimotori oleh ayah dari bapak musakkir. Awal berdirinya berlokasi di jalan sunu makassar. Kemudian berkembang pesat seiring dengan meningkatnya permintaan daging kambing dikota  makassar. Awalnya usaha hanya bergerak dalam bidang jual beli kambing potong saja yang ditempatkan di satu lokasi . Namun melihat perkembangan laju permintaan akan daging kambing, maka keluarga membentuk cabang yang baru yang sekarang berlokasi di jalan perintis kemerdekaan VII, dengan nama usaha UD. CAHAYA MANDIRI. Usaha ini sendiri dimotori oleh keturunan keluarga juragan kambing, yang sebelumnya memilki usaha yang sama di sekitar jalan Sunu, Makassar.
Mengenai struktur organisasi dari usaha ini dimotori sendiri oleh seorang pemilik sekaligus direktur didampingi oleh 2 orang pekerja yang bergerak dalam bidang perawatan ternak dan pemasaran ternak kambing.
Mengenai sejarah perkembangan usaha ini dianggap lumayan memberikan keuntungan. Keuntungan perbulan dari usaha ini sekitar 6-8 juta. Dan itupun dihitung dari hari biasanya. Karena terkadang pada hari dan bulan-bulan tertentu pendapatan dari usaha ini meningkat 2 kali lipat, seperti pada hari raya idul qurban.
2.2  Jenis Dan Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini bergerak dalam bidang jual beli ternak kambing potong                              yang menwarkan jenis kambing potong berbagai ukuran dan harga. Jumlah ekor kambing yang terjual perhari sekitar 10-15 ekor, namun ini tergantung pada aspek musim dan kemauan pembeli.
Spesifikasi harga berdasarkan ukuran dan umur dari kambing yang ditawarkan. Mulai dari harga 600.000 ribu sampai harga 3.000.000 juta rupiah/ 1 ekor kambing Terkadang pemilik juga menwarkan kepada pembeli jasa potong ditempat, sehingga ini yang menjadikan usaha ini menjadi andalan dan langganan dari para pembeli di wilayah makassar dan sekitarnya. Sehingga usaha ini dapat berjalan dan berkembang pesat hingga sekarang ini.
3.  KEGIATAN/ TUGAS SELAMA MAGANG
     Kegiatan dan tugas yang kami lakukan selama magang adalah:
a.       Membantu dalam perawatan kandang dan ternak
Perawatan kandang dilakukan secara teratur setiap pagi dan petang. Ini bertujuan untuk menjaga keberihan kandang dan ternak, sehingga terhindar dari penyakit. Untuk perawatan ternak kami membantu dalam pemberian pakan secara langsung, selain itu memabantu dalam  proses perawatan ternak jika ada yang terkena penyakit.
b.      Observasi dan interview terhadap pemilik usaha mengenai usaha yang dijalankannnya.
Ini kami lakukan untuk menndalami dan mengetahui secara langsung mengenai usaha secara umum dan melihat kondisi berjalannya usaha, terkait dengan manjemen, pemasaran dan pengembangan usaha.
c.        Dokumentasi mengenai tempat usaha, kegiatan karyawan dan proses penjualan
d.      Membantu dalam proses negosiasi harga pada saat penjualan.

4.    PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama magang maka dapat diambil kesimpulan bahwa :
a.       Terjadinya perubahan paradigma dan pola pikir peserta magang mengenai pentingnya berirausaha. Dan terbentuknya jiwa-jiwa wirausaha dari para peserta magang
b.      Peserta magang telah memiliki ilmu dan pengalaman yang telah mereka miliki untuk menjalankan usaha yang sama secara profesioanal dan kreatif
c.       Adaanya transfer ilmu dan pengalaman mengenai usaha ternak dan jual beli kambing dan terjalinnya kerjasama antar peserta magang dan mitra usaha, sehingga mahasiswa peserta magang akan siap dalam proses menjalnkan usahaanya dan mitra usaha akan mendapatkan ilmu mengenai pelayanan dan manjemen pemasaran yang baik untuk pengembangan usaha.
4.2     Saran
Sebaiknya ada tindak lanjut dari program berupa penanganan magang secara berkesinambungan sehingga pengalaman mahsiswa untuk mengenali usaha ternak  dan jual beli kambing  dilapangan dapat terlaksana secara maksimal. Selain itu perlunya pendampingan secara langsung dari pihak universitas dalam proses pelaksanaan program









LAMPIRAN












 









0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Cheap Web Hosting